Tips dan Trik Beasiswa LPDP: Surat Rekomendasi untuk Beasiswa LPDP

Surat Rekomendasi adalah persyaratan wajib untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Tanpa surat rekomendasi, kamu dipastikan gagal di seleksi administrasi LPDP. Jadi, jangan sampai ketinggalan mengumpulkan berkas yang satu ini!

Sumber: topmba.com
Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang baik pemimpin perusahaan, dosen, profesor, dan pejabat lainnya yang berisi keterangan keadaan pribadi seseorang berdasarkan data-data autentik yang ada karena diminta oleh seseorang untuk kepentingan dirinya.

Bagi pemburu beasiswa, khususnya beasiswa LPDP, maka surat rekomendasi menjadi persyaratan yang tak kalah penting. Fungsinya adalah untuk meyakinkan penyelenggara beasiswa bahwa kita memang pantas memperoleh beasiswa tersebut. Biasanya, orang yang mengeluarkan surat rekomendasi itu adalah pimpinan kerja di kantor, dosen, pembimbing akademik, pembimbing skripsi atau tugas akhir, dekan, ketua jurusan, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala suku, dan lain sebagainya yang memang mengenal kita baik secara akademik, organisasi, kepemimpinan, keaktifan individu, dan lain-lain.
Sumber gambar: Shutterstock
Keaktifan organisasi menjadi salah satu poin penting
dalam mengisi surat rekomendasi.

Seberapa penting sih surat rekomendasi itu?

Saking pentingnya, LPDP menjadikan surat rekomendasi itu persyaratan wajib. Artinya, jika kamu tidak memiliki dan mengumpulkan surat rekomendasi, jangan harap bisa lolos seleksi di tingkat pertama atau seleksi adminstrasi! Oleh karena itu, jangan sepelekan seluruh persyaratan yang tercantum dalam Booklet Beasiswa LPDP.
  • [message]
    • ##check##Numpang informasi
      • Kamu bisa unduh buku panduan beasiswa LPDP di sini bagi pendaftar jalur reguler dan unduh di sini bagi pendaftar jalur afirmasi!

        Untuk informasi mengenai jalur pendaftaran beasiswa LPDP, kamu bisa lihat artikelnya di sini! (dalam proses pembuatan :D)

Siapa saja yang boleh merekomendasikan kita?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa orang yang bisa kita mintai kesediaannya untuk merekomendasikan kita, seperti:
  1. Pimpinan perusahaan;
  2. Dekan;
  3. Wakil dekan;
  4. Ketua jurusan;
  5. Sekretaris jurusan;
  6. Dosen lainnya;
  7. Tokoh agama;
  8. Tokoh masyarakat; 
  9. Kepala adat/kepala suku; 
  10. Ketua organisasi; dan
  11. lain-lain.
Bagi mereka yang bekerja di Perguruan Tinggi manapun, pastikan bahwa syarat minimal yang memberikan rekomendasi adalah seorang Doktor, jangan Magister, apalagi lulusan Sarjana.

Gimana format surat rekomendasi untuk beasiswa LPDP?

Di dalam buku panduan beasiswa LPDP yang tadi saya sebutkan, LPDP sudah menyertakan lampiran Format Surat Rekomendasi: Panduan Pendaftaran Beasiswa halaman 28-30. Karena buku panduan tersebut dalam format pdf, maka saya sudah membuat file baru dalam format .doc. Kamu dapat mengunduh file surat rekomendasi beasiswa LPDP format doc di sini atau format pdf-nya di sini.

Panduan Pengisian Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

Instansi yang memberi rekomendasi maksudnya instansi mana?

Bagian instansi diisi dengan nama instansi tempat yang memberi rekomendasi bekerja. Jika dosen, maka isi dengan nama universitasnya; jika pimpinan perusahaan, isi dengan nama perusahaannya; dan seterusnya.

Alamat lembaga itu alamat rumah pemberi rekomendasi?

Bukan. Tapi alamat instansi di mana pemberi rekomendasi bekerja. Jangan sampai salah dalam mengisi dengan alamat rumah si pemberi rekomendasi! :(

Telp., Fax., Email diisi informasi kontaknya pemberi rekomendasi?

Entahlah. Saya juga kurang tahu sebenarnya mengenai kotak tiga ini: apakah untuk pemberi rekomendasi atau untuk instansi itu sendiri. Tapi menurut saya, ketiga kotak ini diisi berdasarkan data instansi tempat pemberi rekomendasi bekerja. Jadi, bukan informasi si pemberi rekomendasi, ya! :)

Saya tidak punya NIP./Pangkat/Golongan/Jabatan/Instansi, gimana dong?

Kamu bisa mengosongkan saja bagian ini atau dapat menghapusnya dari file. Terserah kawan-kawan enaknya bagaimana. Tapi yang pasti, file yang saya buat dalam dua halaman; tidak boleh lebih karena akan mengganggu format dan tampilan nantinya. Absurd banget jika kolom tanda tangannya beda halaman sendiri, misalnya.

Saya tidak punya alamat

Whatever! 

Itu yang kotak-kotak diceklis atau dikali?

Saran saya lebih baik diceklis atau dicentang saja. Tapi jika ingin mencoba sesuatu yang baru, seperti dikali atau dicakra (Bahasa Sunda), kamu boleh mencobanya.

Minta contoh punya kamu, dong, Nan?!

Baik. Berikut ini saya lampirkan contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP milik saya; silakan unduh di sini! Ada kesalahan penulisan dalam file tersebut, namun tidak mengurangi esensi surat rekomendasi tersebut. :)

COMMENTS

BLOGGER: 16
Loading...
Name

2016,2,Action,1,Adventure,1,Agama Kristen,1,Agama Yahudi,1,Ahok,2,Ajax,2,Android,1,Aplikasi,1,Art of War,1,Bahasa,1,Balai Bahasa,1,Beasiswa,4,Belanda,1,Biografi,1,Blindness,1,Blog,3,Brothers,1,Cards View,1,Catatan Hidup,1,Change.org,1,China,1,Comedy,1,Cover,1,CSS,2,Curhat,1,DataGrid,1,Demo Bela Islam I,1,Disaster,1,Disqus,1,Dokumentasi,8,Download,3,Drama,1,Drama Korea,3,Duolingo,1,EasyUI,1,Framework CSS,1,Game,3,GIT,1,Google AdSense,1,Groningen,1,Groningen University,1,HTML,2,Islam,2,jQuery,5,K-Film,3,K-Movie,4,Kata Mutiara,1,Kisah Hidup,1,Konfusius,1,Korean,4,KPOP,1,Kriptografi,1,Kuliah,1,Kungfu,1,Kungfu Style,1,Kustomisasi,1,Kutipan,1,LKS Jawa Barat 2011,1,LPDP,26,LPDP Batch 4 2016,11,LPDP Pinned,2,Material Design,2,Materialize,1,Motivasi,1,Movie,4,Mozilla Firefox,1,Muslim Cyber Army,1,MySQLi,1,NetBeans,1,Niagahoster,1,Object Oriented Programming,1,Opini,7,Paspor,1,Pendidikan,1,Pengalaman,26,Pengayaan Bahasa,4,Perang,1,Perbandingan Agama,3,Petisi Online,1,PHP,6,PowerDesigner,3,QR Code,1,Review,3,Sejarah,1,Simulation,1,Software,1,Source Code,1,Strategy,2,Studi Agama-agama,1,Sun Tzu,1,Suspense-Thriller,1,Themes24x7,1,Tips dan Trik,13,TOEFL,4,TOEFL ITP,4,Train,1,Troubleshooting,2,Tutorial,23,UPI Bandung,1,Video,2,Virus,1,W2UI,1,Walkband,1,Web Design,7,Web Programming,3,Yesus Kristus,2,Zakir Naik,1,Zhang Ziyi,1,Zombie,1,
ltr
item
Anan Bahrul Khoir: Tips dan Trik Beasiswa LPDP: Surat Rekomendasi untuk Beasiswa LPDP
Tips dan Trik Beasiswa LPDP: Surat Rekomendasi untuk Beasiswa LPDP
Surat Rekomendasi adalah persyaratan wajib untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Tanpa surat rekomendasi, kamu dipastikan gagal di seleksi administrasi LPDP. Jadi, jangan sampai ketinggalan mengumpulkan berkas yang satu ini!
https://3.bp.blogspot.com/-Bv-nSUdg1og/WJHiXQfsvlI/AAAAAAAAAho/XVpRx17WPhY_YnK2wn1G_pUWSFVOuO6ygCLcB/s320/your_mba_recommendation_letter_choose_wisely.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Bv-nSUdg1og/WJHiXQfsvlI/AAAAAAAAAho/XVpRx17WPhY_YnK2wn1G_pUWSFVOuO6ygCLcB/s72-c/your_mba_recommendation_letter_choose_wisely.jpg
Anan Bahrul Khoir
https://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2017/02/tips-dan-trik-beasiswa-lpdp-surat.html
https://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2017/02/tips-dan-trik-beasiswa-lpdp-surat.html
true
1987288760696967984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy