Tutorial OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek (Part 1)

Object-Oriented Programming atau OOP pada PHP adalah konsep yang membuat aplikasi mudah untuk dikembangkan dan dikerjakan secara bersama-sama dalam suatu tim.

Tulisan kali ini akan membahas tentang Object-Oriented Programming (OOP) atau Pemrograman Berbasis Objek khususnya di PHP. Mengenai apakah itu PHP, kawan-kawan bisa mencarinya di Google dengan kata kunci, "PHP adalah."

Walaupun kita tetap bisa membuat aplikasi tanpa menggunakan konsep OOP, namun struktur kode terasa kurang rapi dan kaku jika dibandingkan dengan menggunakan konsep OOP itu sendiri.

Dengan OOP pula, aplikasi yang dibuat mudah untuk dikembangkan dan dikerjakan oleh programmer lain karena sudah terstruktur dengan rapi.

Hal Penting dalam OOP

Class

Class adalah blueprint dari sebuah objek atau dengan kata lain disusun berdasarkan karakteristik sebuah objek yang disebut sebagai abstraksi (abstraction).

Analogi untuk memahami class adalah laptop. Sebuah laptop memiliki keyboard, layar, batere, processor, dan lain-lain yang jika semua benda itu ada maka dapat dikatakan sebuah laptop. Kemudian ada beberapa aksi yang bisa dikenakan pada laptop tersebut seperti menghidupkan dan mematikan.

Class terdiri dari dua, yaitu: Property (variable) dan Method (function).

Property

Property disebut juga dengan atribut yang menyatakan hal-hal yang terdapat pada class. Sebuah laptop pasti memiliki merk, warna, ukuran layar, dan sebagainya atau dengan kata lain variabel di dalam sebuah class itu sendiri.

Contohnya:
[<?php
	class Laptop {
		var $merk;
		var $ukuran_layar;
		var $warna;
	}
?>]
Dari skrip contoh di atas, $merk, $ukuran_layar dan $warna adalah property dari class Laptop.

Analogi lain misalnya sebuah class Manusia yang memiliki properti warna rambut, tinggi badan, dan usia. Contoh skripnya:
[<?php
	class Manusia {
		var $warna_rambut;
		var $tinggi_badan;
		var $usia;
	}
?>]

Method

Method disebut juga sebagai function atau perilaku/tindakan yang dapat dilakukan oleh class.

Misalnya, class Laptop mempunyai method: menghidupkan laptop, mematikan laptop, dan lain-lain. Class Orang mempunyai method: makan, tidur, minum, berbicara, dan lain-lain.

Berikut contoh skripnya:
[<?php
	class Orang {
		function makan() {
			// Isi dari method makan
		}
		function tidur() {
			// Isi dari method tidur
		}
		function minum() {
			// Isi dari method minum
		}
	}
?>]
Dari skrip di atas, function makan(), tidur() dan minum() adalah method dari class Orang.

Object

Object adalah hasil cetak dari class atau hasil nyatanya dari class atau dengan kata lain adalah instansiasi dari sebuah class. Sebuah class tidak dapat digunakan jika tidak diinstansiasikan terlebih dahulu, kecuali untuk Static Class.

Instansiasi sebuah class dapat dilakukan dengan menggunakan perintah new. Jika sebuah class sudah diinstansiasikan, maka function constructor akan otomatis dipanggil.

Contoh skrip instansiasi:
[<?php
	class Orang {
		// Isi dari class Orang
	}
	$Andi = new Orang();
	$Anda = new Orang();
?>]
Dari skrip di atas, $andi dan $andi adalah objek dari class Orang. Kedua objek ini memiliki seluruh property dan method yang telah dirancang sebelumnya di dalam class Orang.

Incoming Post

Constructor dan destructor, Visibilitas Member (Member Visibility) dan Pewarisan (Inheritance).

COMMENTS

Name

2016,2,Action,1,Adventure,1,Agama Kristen,1,Agama Yahudi,1,Ahok,2,Ajax,2,Android,1,Aplikasi,1,Art of War,1,Bahasa,1,Balai Bahasa,1,Beasiswa,4,Belanda,1,Biografi,1,Blindness,1,Blog,3,Brothers,1,Cards View,1,Catatan Hidup,1,Change.org,1,China,1,Comedy,1,Cover,1,CSS,2,Curhat,1,DataGrid,1,Demo Bela Islam I,1,Disaster,1,Disqus,1,Dokumentasi,8,Download,3,Drama,1,Drama Korea,3,Duolingo,1,EasyUI,1,Framework CSS,1,Game,3,GIT,1,Google AdSense,1,Groningen,1,Groningen University,1,HTML,2,Islam,2,jQuery,5,K-Film,3,K-Movie,4,Kata Mutiara,1,Kisah Hidup,1,Konfusius,1,Korean,4,KPOP,1,Kriptografi,1,Kuliah,1,Kungfu,1,Kungfu Style,1,Kustomisasi,1,Kutipan,1,LKS Jawa Barat 2011,1,LPDP,26,LPDP Batch 4 2016,11,LPDP Pinned,2,Material Design,2,Materialize,1,Motivasi,1,Movie,4,Mozilla Firefox,1,Muslim Cyber Army,1,MySQLi,1,NetBeans,1,Niagahoster,1,Object Oriented Programming,1,Opini,7,Paspor,1,Pendidikan,1,Pengalaman,26,Pengayaan Bahasa,4,Perang,1,Perbandingan Agama,3,Petisi Online,1,PHP,6,PowerDesigner,3,QR Code,1,Review,3,Sejarah,1,Simulation,1,Software,1,Source Code,1,Strategy,2,Studi Agama-agama,1,Sun Tzu,1,Suspense-Thriller,1,Themes24x7,1,Tips dan Trik,13,TOEFL,4,TOEFL ITP,4,Train,1,Troubleshooting,2,Tutorial,23,UPI Bandung,1,Video,2,Virus,1,W2UI,1,Walkband,1,Web Design,7,Web Programming,3,Yesus Kristus,2,Zakir Naik,1,Zhang Ziyi,1,Zombie,1,
ltr
item
Anan Bahrul Khoir: Tutorial OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek (Part 1)
Tutorial OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek (Part 1)
Object-Oriented Programming atau OOP pada PHP adalah konsep yang membuat aplikasi mudah untuk dikembangkan dan dikerjakan secara bersama-sama dalam suatu tim.
https://2.bp.blogspot.com/-LwC5CCR2q-8/Wn6Ob3GDXQI/AAAAAAAABKE/SZtcZi3UOxItnoB6kHoCd4kit1sY2MdagCLcBGAs/s320/php-oops.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LwC5CCR2q-8/Wn6Ob3GDXQI/AAAAAAAABKE/SZtcZi3UOxItnoB6kHoCd4kit1sY2MdagCLcBGAs/s72-c/php-oops.jpg
Anan Bahrul Khoir
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2018/02/tutorial-oop-php-pemrograman-berbasis.html
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2018/02/tutorial-oop-php-pemrograman-berbasis.html
true
1987288760696967984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy