Pengalaman Pengayaan Bahasa Beasiswa LPDP

Setiap orang tentu mengalami pengalaman pengayaan bahasa LPDP berbeda-beda. Namun, kita harus tetap fokus pada pembelajaran kita.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kisah selama mengikuti program Pengayaan Bahasa yang diberikan oleh LPDP.

Sebelumnya, para awardee LPDP jalur afirmasi disuruh untuk mengisi borang terlebih dahulu yang berisi tentang kesediaan kita mengikuti program Pengayaan Bahasa. Jika kita tidak mengisi borang tersebut, maka kita dianggap tidak bersedia mengikuti PB. Sebagai konsekuensinya, nama kita tidak akan tercantum sebagai peserta PB nantinya.

Jika kamu belum tahu bagaimana pembagian kelas nanti, apakah 3 bulan atau 6 bulan, lihat artikelnya di sini: Bagaimana cara LPDP menentukan pembagian kelas awardee LPDP jalur afirmasi?

Untuk memudahkan memahami Pengayaan Bahasa ini, saya buat dalam bentuk ordered list saja:

  1. Mengisi borang kesediaan mengikuti Pengayaan Bahasa
  2. Mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke daerah penempatan program bahasa kita
  3. Mencari tempat tinggal
  4. Mengikuti proses kegiatan belajar kelas IELTS
Nah, saya rasa ketiga hal di atas sudah cukup mewakili Pengayaan Bahasa dari awal sampai akhir.

Mengisi Borang

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, hal pertama yang menunjukkan tanda-tanda hilal PB semakin dekat adalah adanya instruksi untuk mengisi borang kesediaan mengikuti PB. Jika sampai sekarang kalian belum mendapatkan SMS atau email mengenai hal ini, maka pastikan tingkat kesabaran anda masih banyak stoknya.

Di dalam borang sendiri, nanti kita harus menuliskan nama, asal tempat tinggal, skor TOEFL kita dan lampiran KTP. Setelah semua terisi, kalian harus menunggu selama beberapa hari setelah pihak LPDP telah menyelesaikan pembagian kelas kita nanti. Tanda-tanda bahwa PB semakin dekat adalah dikirimnya surat undangan dari pihak LPDP kepada surel kita yang berisi tentu saja surat undangan, daftar nama awardee yang mengikuti PB, dan ketentuan Pengayaan Bahasa kalian nantinya.

Persiapan barang-barang

Pada tahap ini, pastikan bahwa kalian sudah mendapatkan surat undangan mengikuti PB karena di dalam surat tersebut tercantum tanggal berapa kita akan mengikuti PB dan di mana lokasinya. Saya sendiri mendapatkan kesempatan mengikuti PB ini di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kalian harus membawa koper yang berisi pakaian untuk selama seminggu dan alat-alat lainnya. Saya sendiri membawa pakaian, buku-buku, laptop, tas, ransel, dan kardus. Barang bawaan ini benar-benar banyak sehingga saya sendiri kesulitan untuk membawanya.

Mencari tempat tinggal

Setelah barang-barang sudah dikemas atau setidaknya sudah ditentukan mana saja yang akan dibawa nantinya, tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tempat tinggal.

Bagi kalian yang memiliki kenalan di kampus yang bekerjasama dengan LPDP dalam hal program Pengayaan Bahasa ini bisa menghubungi teman-temannya dan menanyakan seputar kosan di sekitar kampus tersebut. Tapi bagi yang belum sementara barang bawaan kita banyak, maka perlu cara lain yang dibahas dalam artikel lain.

Link: link

Mengikuti proses pembelajaran

Setelah mendapatkan tempat tinggal, kita memasuki tahap berikutnya yaitu mengikuti proses pembelajaran IELTS. Kita harus benar-benar fokus atau kita akan ketinggalan banyak materi, tetapi ada juga orang yang merasa sudah fokus, tetapi nyantanya tidak.                                                         

-- Bersambung, TS ngantuk :(                                                                                                                                                                  

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

2016,2,Action,1,Adventure,1,Agama Kristen,1,Agama Yahudi,1,Ahok,2,Ajax,2,Android,1,Aplikasi,1,Art of War,1,Bahasa,1,Balai Bahasa,1,Beasiswa,4,Belanda,1,Biografi,1,Blindness,1,Blog,3,Brothers,1,Cards View,1,Catatan Hidup,1,Change.org,1,China,1,Comedy,1,Cover,1,CSS,2,Curhat,1,DataGrid,1,Demo Bela Islam I,1,Disaster,1,Disqus,1,Dokumentasi,8,Download,3,Drama,1,Drama Korea,3,Duolingo,1,EasyUI,1,Framework CSS,1,Game,3,GIT,1,Google AdSense,1,Groningen,1,Groningen University,1,HTML,2,Islam,2,jQuery,5,K-Film,3,K-Movie,4,Kata Mutiara,1,Kisah Hidup,1,Konfusius,1,Korean,4,KPOP,1,Kriptografi,1,Kuliah,1,Kungfu,1,Kungfu Style,1,Kustomisasi,1,Kutipan,1,LKS Jawa Barat 2011,1,LPDP,26,LPDP Batch 4 2016,11,LPDP Pinned,2,Material Design,2,Materialize,1,Motivasi,1,Movie,4,Mozilla Firefox,1,Muslim Cyber Army,1,MySQLi,1,NetBeans,1,Niagahoster,1,Object Oriented Programming,1,Opini,7,Paspor,1,Pendidikan,1,Pengalaman,26,Pengayaan Bahasa,4,Perang,1,Perbandingan Agama,3,Petisi Online,1,PHP,6,PowerDesigner,3,QR Code,1,Review,3,Sejarah,1,Simulation,1,Software,1,Source Code,1,Strategy,2,Studi Agama-agama,1,Sun Tzu,1,Suspense-Thriller,1,Themes24x7,1,Tips dan Trik,13,TOEFL,4,TOEFL ITP,4,Train,1,Troubleshooting,2,Tutorial,23,UPI Bandung,1,Video,2,Virus,1,W2UI,1,Walkband,1,Web Design,7,Web Programming,3,Yesus Kristus,2,Zakir Naik,1,Zhang Ziyi,1,Zombie,1,
ltr
item
Anan Bahrul Khoir: Pengalaman Pengayaan Bahasa Beasiswa LPDP
Pengalaman Pengayaan Bahasa Beasiswa LPDP
Setiap orang tentu mengalami pengalaman pengayaan bahasa LPDP berbeda-beda. Namun, kita harus tetap fokus pada pembelajaran kita.
https://3.bp.blogspot.com/-7DTJwCLMBGE/Wmy-iZZwIWI/AAAAAAAABIU/d6LGpCAZ0gwVeWINToTL0D1F3VEtX-n2ACLcBGAs/s320/Learn.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-7DTJwCLMBGE/Wmy-iZZwIWI/AAAAAAAABIU/d6LGpCAZ0gwVeWINToTL0D1F3VEtX-n2ACLcBGAs/s72-c/Learn.jpg
Anan Bahrul Khoir
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2018/01/pengalaman-pengayaan-bahasa-beasiswa.html
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2018/01/pengalaman-pengayaan-bahasa-beasiswa.html
true
1987288760696967984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy