Source Code Kriptografi Caesar Cipher dan Cipher Key

Caesar Cipher adalah salah satu algoritma cipher tertua dan paling diketahui dalam perkembangan ilmu kriptografi

Caesar Cipher adalah salah satu algoritma cipher tertua dan paling dikenal dalam perkembangan ilmu kriptografi. Caesar Cipher bekerja secara substitusi atau dengan kata lain menukar huruf pada plaintext menjadi satu huruf lain. Penukaran ini disebut dengan substitusi.

Algoritma kriptografi Caesar Cipher termasuk paling mudah untuk digunakan. Intinya adalah melakukan pergeseran pada semua karakter plaintext dengan nilai pergeseran yang sama.

  • [message]
    • Perhatian!
      • Saya bukan lulusan Teknik Informatika ataupun Sekolah Sandi Negara. Jadi, mohon maaf jika ada kesalahan pada source code yang akan saya bagikan atau ada penjelasan yang kurang tepat atau salah. Mohon koreksinya agar segera diperbaiki!

Pada artikel ini, saya akan menggunakan dua langkah untuk membentuk chipertext, yaitu:
  1. Menghasilkan chipertext dengan cara menentukan angka pergeseran. Angka pergeseran ini harus lebih kecil dari 26 karena 26 adalah jumlah alfabet. Jika kita memasukkan angka pergeseran 26, maka chipertext akan sama dengan plaintext.
  2. Menghasilkan chipertext dengan cara kunci yang akan menggeser beberapa karakter setelahnya dan unik. Artinya, jika huruf alfabet sudah ada pada kunci, maka tidak akan dimasukkan lagi ke dalam table.

Caesar Cipher dengan Pergeseran

Secara default, pergeseran pada Caesar Cipher adalah 3. Berikut tabelnya:

Plain TextABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Chiper TextDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABC

Contoh

Plain Text (pesan)
VAKSIN DIPALSUKAN

Chiper Text (hasil enkripsi)
YDNVLQGLSDOVXNDQ

Jika kita atau penerima pesan melihat tabel substitusi di atas, maka akan diperoleh pesan berikut:
VAKSIN DIPALSUKAN

Cipher Key

Algoritma Cipher Key berbeda dengan Caesar Cipher di mana algoritma Cipher Key menggunakan sebuah kata kunci yang disubstitusikan ke dalam abjad. Mungkin, kata kunci pada Caesar Cipher terletak dari angka pergeseran yang diberikan. Namun angka pergeseran tersebut terbatas sampai 25 atau 25 saja. Sementara Cipher Key menggunakan sebuah kata kunci dalam abjad namun tetap dibatasi 25 atau 26 karakter saja. Jadi, keduanya terbatas pada angka 25 atau 26. :)

Pada Cipher Key, jika key atau kunci mengandung huruf yang sama, maka tidak akan dimasukkan lagi ke dalam tabel substitusi. Misalnya, kunci: INDONESIA; maka akan menjadi: INDOESA.

Contoh 1

Plain Text (pesan)
VAKSIN DIPALSUKAN

Key (kunci)
INDONESIA

Chiper Text (hasil enkripsi)
TICPAHOAKIFPRCIH

Berikut tabel substitusinya:

Plain TextABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Chiper TextINDOESABCFGHJKLMPQRTUVWXYZ

Contoh 2

Plain Text (pesan)
HANCURKAN MARKAS MUSUH

Key (kunci)
SURGA

Chiper Text (hasil enkripsi)
DSKRTOHSKJSOHSPJTPTD

Berikut tabel substitusinya:

Plain TextABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Chiper TextSURGABCDEFHIJKLMNOPQTVWXYZ

Source Code

Berikut saya sediakan source code dalam bahasa pemrograman PHP. Saya noob, tapi saya coba berbagi saja.

Silakan unduh berkasnya di sini:
[lock] [Download Caesar Cipher ##download##] [Download Cipher Key ##download##][/lock]

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

2016,2,Action,1,Adventure,1,Agama Kristen,1,Agama Yahudi,1,Ahok,2,Ajax,2,Android,1,Aplikasi,1,Art of War,1,Bahasa,1,Balai Bahasa,1,Beasiswa,4,Belanda,1,Biografi,1,Blindness,1,Blog,3,Brothers,1,Cards View,1,Catatan Hidup,1,Change.org,1,China,1,Comedy,1,Cover,1,CSS,2,Curhat,1,DataGrid,1,Demo Bela Islam I,1,Disaster,1,Disqus,1,Dokumentasi,8,Download,3,Drama,1,Drama Korea,3,Duolingo,1,EasyUI,1,Framework CSS,1,Game,3,GIT,1,Google AdSense,1,Groningen,1,Groningen University,1,HTML,2,Islam,2,jQuery,5,K-Film,3,K-Movie,4,Kata Mutiara,1,Kisah Hidup,1,Konfusius,1,Korean,4,KPOP,1,Kriptografi,1,Kuliah,1,Kungfu,1,Kungfu Style,1,Kustomisasi,1,Kutipan,1,LKS Jawa Barat 2011,1,LPDP,26,LPDP Batch 4 2016,11,LPDP Pinned,2,Material Design,2,Materialize,1,Motivasi,1,Movie,4,Mozilla Firefox,1,Muslim Cyber Army,1,MySQLi,1,NetBeans,1,Niagahoster,1,Object Oriented Programming,1,Opini,7,Paspor,1,Pendidikan,1,Pengalaman,26,Pengayaan Bahasa,4,Perang,1,Perbandingan Agama,3,Petisi Online,1,PHP,6,PowerDesigner,3,QR Code,1,Review,3,Sejarah,1,Simulation,1,Software,1,Source Code,1,Strategy,2,Studi Agama-agama,1,Sun Tzu,1,Suspense-Thriller,1,Themes24x7,1,Tips dan Trik,13,TOEFL,4,TOEFL ITP,4,Train,1,Troubleshooting,2,Tutorial,23,UPI Bandung,1,Video,2,Virus,1,W2UI,1,Walkband,1,Web Design,7,Web Programming,3,Yesus Kristus,2,Zakir Naik,1,Zhang Ziyi,1,Zombie,1,
ltr
item
Anan Bahrul Khoir: Source Code Kriptografi Caesar Cipher dan Cipher Key
Source Code Kriptografi Caesar Cipher dan Cipher Key
Caesar Cipher adalah salah satu algoritma cipher tertua dan paling diketahui dalam perkembangan ilmu kriptografi
https://1.bp.blogspot.com/-UZhy43QrAwI/WZ6KKzr5rEI/AAAAAAAABAQ/cOp37qFI2_0zwa54mT8mqyegGLkr1J8_wCLcBGAs/s320/enkripsi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UZhy43QrAwI/WZ6KKzr5rEI/AAAAAAAABAQ/cOp37qFI2_0zwa54mT8mqyegGLkr1J8_wCLcBGAs/s72-c/enkripsi.jpg
Anan Bahrul Khoir
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2017/08/source-code-kriptografi-caesar-cipher.html
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/
http://ananbahrulkhoir.blogspot.com/2017/08/source-code-kriptografi-caesar-cipher.html
true
1987288760696967984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy